Minggu, Desember 25, 2016

PKM Kradenan 1 Kaji Banding ke Puskesmas Geyer 1: Berbenah Demi Pelayanan Terbaik

Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya. 

Dalam pelaksanaannya, Puskesmas harus terus berupaya memberikan kinerja pelayanan kesehatan dasar yang terbaik. Salah satu cara untuk mengukur kinerja pelayanan kesehatan di Puskesmas yaitu dengan akreditasi. Akreditasi Puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu, kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan program, serta penerapan manajemen risiko, dan bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi.
Pelayanan kesehatan di Puskesmas harus dikelola dengan baik oleh setiap pegawai yang terlibat di dalamnya. Untuk menyelenggarakannya secara optimal maka perlu pembelajaran atau up-grade. Proses pembelajaran dapat dilakukan melalui kegiatan pengkajian pelaksanaan pelayanan kesehatan termasuk program kesehatan di tempat lain yang mempunyai kinerja program baik. Untuk itu pengelola dan pelaksana program kesehatan di Puskesmas Kradenan 1 perlu melakukan kajian pelaksanaan pelayanan dan program kesehatan di Puskesmas lain. Adapun puskesmas yang dituju yaitu Puskesmas Geyer 1.

Pada tanggal 24 Desember 2016, pegawai Puskesmas 1 berkunjung ke Puskesmas Geyer 1 dalam rangka kaji banding akreditasi. Puskesmas Geyer 1 merupakan salah satu Puskesmas pertama yang terakreditasi di Kabupaten Grobogan. Jarak tempuh sekitar 2 jam akhirnya kami tiba di Puskesmas Geyer 1. Disana, Ketua Akreditasi serta staff PKM Geyer1 telah menunggu kedatangan kami.

Ketua tim Akreditasi PKM Kradenan 1 memaparkan terkait profil, visi-misi langkah-langkah persiapan akreditasi, hambatan yang mereka hadapi saat akreditasi dan cara mengatasi hambatan tersebut. Tidak lupa juga, kami berdiskusi menanyakan beberapa hal yang belum dimengerti tentang akreditasi. Tak hanya berdiskusi di dalam ruangan, tetapi juga kami langsung orientasi lingkungan Puskesmas Kradenan 1. Kami bertemu dengan pelaksana program-program dan juga melihat tata graha yang ada di Puskesmas Geyer 1.

Banyak hal yang diperoleh. Ini akan menjadi input positif bagi Puskesmas Kradenan 1 untuk berbenah memberikan pelayanan kesehatan dasar yang baik untuk masyarakat terlebih lagi berbenah diri menghadapi Akreditasi 2017. Salah satu hal positif yang diperoleh dari Kaji banding tersebut yaitu kompak, bersama kita bisa, bersama NKRI (N=niat baik, K=Kerja keras, R=rasional, I=ikhlas).

Puskesmas Kradenan 1: Siap Melayani..
 


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar