Puskesmas Kradenan I sebagai penyelenggara pelayanan kesehatan
masyarakat mempunyai visi:
“Menjadi Puskesmas Unggulan yang diminati
masyarakat dalam pelayananKesehatan”.
Puskesmas sebagai suatu kesatuan organisasi
kesehatan fungsional merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat yang
juga membina peran serta masyarakat disamping memberikan pelayanan secara
menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya dalam bentuk
kegiatan pokok. Sebagai institusi kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan
yang menyeluruh dimaksudkan bahwa Puskesmas melaksanakan pelayanan kesehatan,
yang meliputi 4 (empat) upaya, yaitu :
1.
Promotif (Penyuluhan).
2.
Preventif (Pencegahan).
3.
Kuratif (Pengobatan).
4.
Rehabilitatif ( Pemulihan
kesehatan).
Yang ditujukan kepada semua penduduk dan tidak
dibedakan jenis kelamin dan golongan umur dari sejak pembuahan dalam kandungan
sampai tutup usia.²)
Unggulan Yang diminati masyarakat dalam pelayanankesehatan dimaksudkan, bahwa dengan adanya letak bangunan
puskesmas yang strategis, mudah dijangkau oleh masyarakat, ketersediaan tenaga,
sarana/prasarana dan jenis pelayanan yang memadai maka akan menjadi pilihan
utama didasari keyakinan yang mantap pada anggotamasyarakat di luar
maupun di dalam wilayah kerja Puskesmas Kradenan I untuk memperoleh
pelayanan darurat, pelayanan kesehatan dasar, inap, dan bersalin.
Citra Pelayanan Puskesmas yang baik, meliputi :
a. Kebersihan lingkungan Puskesmas;
b. Saling Menghormati dan sikap ramah dari setiap
petugas Puskesmas;
c. Pemberian pelayanan sesuai dengan kualitas yang
telah ditentukan;
d. Kerjasama yang baik dengan pamong setempat dan
petugas asektor lain;
e. Selalu menepati janji pelayanan yang telah
disepakati bersama.²)
Pelayanan
Kesehatan kepada masyarakat oleh Puskesmas didukung
dengan ketersediaan tenaga yang profesional
dengan jenis pelayananparipurna, meliputi :
a. Pelayanan kesehatan dasar, yaitu : Kesehatan Ibu dan
Anak, Keluarga Berencana, Usaha Perbaikan
Gizi, Kesehatan Lingkungan, Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit
Menular, Pengobatan termasuk Pelayanan Darurat Karena Kecelakaan, Penyuluhan
Kesehatan Masyarakat, Usaha Kesehatan Sekolah, Kesehatan Olah Raga, Perawatan
Kesehatan Masyarakat, Kesehatan Kerja, Kesehatan Gigi dan Mulut, Kesehatan
Jiwa, Kesehatan , Usia Lanjut, Pembinaan
Pengobatan Tradisional, Laboratorium, dan
Pencatatan Pelaporan dalam rangka Sistem Informasi Kesehatan (SIK).
b. Dukungan sistem
rujukan upaya kesehatan, berupa rujukan medik dan rujukan kesehatan.
2.
MISI
Berdasarkan
visi tersebut ditetapkan misi sebagai berikut:
a. Memberikan
pelayanan kesehatan yang bermutu dan paripurna.
b. Meningkatkan
profesionalisme petugas.
c. Memberdayakan
masyarakat dalam bidang kesehatan menuju kemandirian.
d. Pengelolaan
manajemen puskesmas yang efektif dan efisien.
e. Menyediakans
aranan dan prasarana yang memadai.
f. Meningkatkan
kerja sama lintas sector untuk mewujudkan peningkatan derajat kesehatan
masyarakat.
3.
MOTTO
Nilai dasar disusun sebagai
acuan bagi insan Puskesmas dalam berperilaku yang menunjang tercapainya Visi
dan Misi Puskesmas Kradenan I
Kabupaten Grobogan. Nilai dasar tersebut diharapkan menjadi budaya organisasi
dan menjadi motivator bagi setiap individu untuk senantiasa bekerja lebih baik
dan profesional dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Individu Puskesmas
bukan hanya dituntut menjadi pintar, tetapi juga memiliki perilaku yang baik.
Oleh karena itu, Manajemen Puskesmas Kradenan I
Kabupaten Grobogan berupaya menumbuhkan sistem nilai yang diyakini dapat dijalani
bersama dan menjadi acuan berperilaku setiap insan Puskesmas yang andal dan
terpercaya, yaitu melalui pengembangan
budaya ”HORMAT” (Harmonis, Obyektife, Ramah, Mantab, Aman dan Tertib). Pengertian
dan penerpan budaya ”HORMAT” dalam memberikan layanan kepada pasien meliputi :
1.
|
Harmonis
|
:
|
Harmonis menunjukan hubungan se-ia sekata diantara para
karyawan Puskesmas dan Lintas Sektor dalam rangka memberikan layanan kepada Masyarakat.
|
2.
|
Obyektif
|
:
|
Memberikan
pelayanan secara objektif dan merata ke masyarakat.
|
3.
|
Ramah
|
:
|
Memberikan
pelayanan kepada pengguna pelayanan baik di dalam maupun diluar gedung
dilakukan oleh sumberdaya yang ramah.
|
4.
|
Mantab
|
:
|
Memberikan
pelayanan dengan Percaya diri oleh SDM yang professional dan didukung sarana
prasarana yang memadai.
|
5.
|
Aman
|
:
|
Memberikan pelayanan aman baik pelayanan langsung maupun
pelayanan tak langsung yang diterima.
|
6.
|
Tertib
|
:
|
Memberikan pelayanan dilaksanakan secara tertip sesuai
dengan aturan yang ada.
|
4. Tugas Pokok dan
Fungsi
Dalam
menjalankan fungsinya Tugas pokok yang harus dijalankan Puskesmas sebagai ujung
tombak pembangunan kesehatan adalah menjalankan program pokok:
1. Promosi
Kesehatan
2. Upaya Perbaikan
Gizi
3. Upaya Kesehatan
Ibu dan Anak dan Keluarga Berencana
4. Pencegahan dan
Pemberantasan Penyakit Menular
5. Upaya
Penyehatan Lingkungan
6. Perawatan Kesehatan masyarakat.
7. Pengobatan
8. Upaya Pengembangan
5. Fungsi
Puskesmas
1. Sebagai Pusat
Pembangunan Kesehatan Masyarakat di wilayah kerjanya.
2. Membina peran
serta masyarakat di wilayah kerjanya dalam rangka meningkatkan kemampuan untuk
hidup sehat.
3. Memberikan
pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah
kerjanya. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Daerah
sesuai dengan bidang tugasnya.
6. Jenis Pelayanan
Jenis-jenis
pelayanan Kradenan I meliputi Pelayanan Administrasi
dan Pelayanan Kesehatan terdiri dari :
1. Rawat Jalan :
Poli umum, Poli KIA/KB, Poli Gigi, Puskesmas Keliling
2. PONED
3. Pelayanan
Administratif
4. Laboratorium
5. Fisioterapi
6. Konsultasi Kesehatan,
Pojok Gizi.
7. Pelayanan Luar Gedung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar