Selasa, Februari 07, 2017

Visi Misi Puskesmas Kradenan I


1.   VISI
Puskesmas Kradenan I sebagai penyelenggara pelayanan kesehatan masyarakat mempunyai visi:
“Menjadi Puskesmas Unggulan yang diminati masyarakat dalam pelayananKesehatan”.
Puskesmas sebagai suatu kesatuan organisasi kesehatan fungsional merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat yang juga membina peran serta masyarakat disamping memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya dalam bentuk kegiatan pokok. Sebagai institusi kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan yang menyeluruh dimaksudkan bahwa Puskesmas melaksanakan pelayanan kesehatan, yang meliputi 4 (empat) upaya, yaitu :
   1.     Promotif  (Penyuluhan).
   2.     Preventif (Pencegahan).
   3.     Kuratif (Pengobatan).
   4.     Rehabilitatif ( Pemulihan kesehatan).
Yang ditujukan kepada semua penduduk dan tidak dibedakan jenis kelamin dan golongan umur dari sejak pembuahan dalam kandungan sampai tutup usia.²)
Unggulan Yang diminati masyarakat dalam pelayanankesehatan dimaksudkan, bahwa dengan adanya letak bangunan puskesmas yang strategis, mudah dijangkau oleh masyarakat, ketersediaan tenaga, sarana/prasarana dan jenis pelayanan yang memadai maka akan menjadi pilihan utama didasari keyakinan yang mantap pada anggotamasyarakat  di luar  maupun di dalam wilayah kerja Puskesmas Kradenan I untuk memperoleh pelayanan darurat, pelayanan kesehatan dasar, inap, dan bersalin.
Citra Pelayanan Puskesmas yang baik, meliputi :
a.  Kebersihan lingkungan Puskesmas;
b.  Saling Menghormati dan sikap ramah dari setiap petugas Puskesmas;
c.  Pemberian pelayanan sesuai dengan kualitas yang telah ditentukan;
d.  Kerjasama yang baik dengan pamong setempat dan petugas asektor lain;
e.  Selalu menepati janji pelayanan yang telah disepakati bersama.²)
Pelayanan Kesehatan kepada masyarakat oleh Puskesmas didukung dengan ketersediaan tenaga yang profesional  dengan jenis pelayananparipurna, meliputi :
a.  Pelayanan kesehatan dasar, yaitu : Kesehatan Ibu dan Anak, Keluarga Berencana, Usaha Perbaikan  Gizi, Kesehatan Lingkungan, Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular, Pengobatan termasuk Pelayanan Darurat Karena Kecelakaan, Penyuluhan Kesehatan Masyarakat, Usaha Kesehatan Sekolah, Kesehatan Olah Raga, Perawatan Kesehatan Masyarakat, Kesehatan Kerja, Kesehatan Gigi dan Mulut, Kesehatan Jiwa, Kesehatan ,  Usia Lanjut, Pembinaan Pengobatan Tradisional, Laboratorium, dan  Pencatatan Pelaporan dalam rangka Sistem Informasi Kesehatan (SIK).
b.  Dukungan sistem  rujukan upaya kesehatan, berupa rujukan medik dan rujukan kesehatan.

2.   MISI
Berdasarkan visi tersebut ditetapkan misi sebagai berikut:
a.  Memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan paripurna.
b.  Meningkatkan profesionalisme petugas.
c.  Memberdayakan masyarakat dalam bidang kesehatan menuju kemandirian.
d.  Pengelolaan manajemen puskesmas yang efektif dan efisien.
e.  Menyediakans aranan dan prasarana yang memadai.
f.   Meningkatkan kerja sama lintas sector untuk mewujudkan peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

3.   MOTTO
Nilai dasar disusun sebagai acuan bagi insan Puskesmas dalam berperilaku yang menunjang tercapainya Visi dan Misi Puskesmas Kradenan I Kabupaten Grobogan. Nilai dasar tersebut diharapkan menjadi budaya organisasi dan menjadi motivator bagi setiap individu untuk senantiasa bekerja lebih baik dan profesional dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Individu Puskesmas bukan hanya dituntut menjadi pintar, tetapi juga memiliki perilaku yang baik. Oleh karena itu, Manajemen Puskesmas Kradenan I Kabupaten Grobogan berupaya menumbuhkan sistem nilai yang diyakini dapat dijalani bersama dan menjadi acuan berperilaku setiap insan Puskesmas yang andal dan terpercaya, yaitu melalui  pengembangan budaya HORMAT (Harmonis, Obyektife, Ramah, Mantab, Aman dan Tertib). Pengertian  dan penerpan budaya HORMAT dalam memberikan layanan kepada pasien meliputi :

1.
Harmonis
:
Harmonis menunjukan hubungan se-ia sekata diantara para karyawan Puskesmas dan Lintas Sektor dalam rangka memberikan layanan kepada Masyarakat.
2.
Obyektif
:
Memberikan pelayanan secara objektif dan merata ke masyarakat.
3.
Ramah
:
Memberikan pelayanan kepada pengguna pelayanan baik di dalam maupun diluar gedung dilakukan oleh sumberdaya yang ramah.
4.
Mantab
:
Memberikan pelayanan dengan Percaya diri oleh SDM yang professional dan didukung sarana prasarana yang memadai.
5.
Aman
:
Memberikan pelayanan aman baik pelayanan langsung maupun pelayanan tak langsung yang diterima.
6.
Tertib
:
Memberikan pelayanan dilaksanakan secara tertip sesuai dengan aturan yang ada.

4.   Tugas Pokok dan Fungsi

Dalam menjalankan fungsinya Tugas pokok yang harus dijalankan Puskesmas sebagai ujung tombak pembangunan kesehatan  adalah menjalankan program pokok:
1.  Promosi Kesehatan
2.  Upaya Perbaikan Gizi
3.  Upaya Kesehatan Ibu dan Anak dan Keluarga Berencana
4.  Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular
5.  Upaya Penyehatan Lingkungan
6.  Perawatan Kesehatan masyarakat.
7.  Pengobatan
8.  Upaya Pengembangan
5.   Fungsi Puskesmas
1.  Sebagai Pusat Pembangunan Kesehatan Masyarakat di wilayah kerjanya.
2.  Membina peran serta masyarakat di wilayah kerjanya dalam rangka meningkatkan kemampuan untuk hidup sehat.
3.  Memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Daerah sesuai dengan bidang tugasnya.

6.   Jenis Pelayanan
Jenis-jenis pelayanan Kradenan I meliputi Pelayanan Administrasi dan Pelayanan Kesehatan terdiri dari :
1.  Rawat Jalan : Poli umum, Poli KIA/KB, Poli Gigi, Puskesmas Keliling
2.  PONED
3.  Pelayanan Administratif
4.  Laboratorium
5.  Fisioterapi
6.  Konsultasi Kesehatan, Pojok Gizi.
7.  Pelayanan Luar Gedung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar